Bermacam Fungsi Dari Sebuah Tali Lanyard


Tali lanyard atau yang banyak dikenal orang dengan tali id card, ini merupakan sebuah barang yang kini sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk keperluan kantor saja, dengan jenis dan desainnya yang berbeda-beda kini tali lanyard juga memiliki banyak fungsi lain.
Bahkan dalam pencetakannya, desain tali lanyard sekarang ini bisa disesuaian dengan selera dan kebutuhan para konsumennya.  Sebagai contohnya desain tali bisa divariasikan dengan menambahkan logo atau nama perusahaan pada tali itu sendiri.

Tentu itu menjadi sebuah keutungan tersendiri bagi pihak perusahaan, tidak hanya meningkatkan kesan profesionalisme para pekerja, ini juga bisa dijadikan sebagai media promosi ketika para karyawan melakukan kunjungan kepada perusahaan lainnya.

Penggunaan Tali Lanyard Secara Luas

Itu jika tali dipakai untuk keperluan kantor, namun pada kenyataannya ada beberapa keperluan ataupun event yang juga menggunakan tali ini sebagai kebutuhan utama mereka. Seperti dalam acara seminar, pertunjukan musik (konser), pameran, rombongan wisata dan banyak lagi lainnya.
Bahkan pada acara besar seperti ASEAN GAMES 2018 kemarin, para peserta dan penontonya juga menggunakan tali lanyard sebagai pelengkap tanda pengenal mereka. Karenanya segenap insan yang terlibat jadi lebih nampak elegan dan menarik dengan menggunakan tali lanyard di leher mereka.

Dalam beberapa event juga menggunakan lanyard untuk gelang tangan sebagai tanda pengenal para anggota dan pesertanya. Dari jenis dan ukuran tali sudah pasti berbeda, yang mana biasanya pada tali gantungan id card memiliki panjang keseluruhan yaitu 90 cm dan lebar sekitar 2 cm. Pada tali gelang atau sering di sebut tali wristband ini mempunyai panjang dan lebar sekitar 30 cm x 1,5 cm.

Aksesoris yang digunakanpun berbeda, pada sebuah wristband tidak lagi perlu menggunakan kait serta stopper. Sebab biasanya tali hanya dilengkapi dengan slide lock dan juga sebuah barcode yang nantinya dipakai untuk akses masuk dalam event tersebut.
Dengan berbagai jenis kebutuhan dan model pada tali lanyard, tentu bahan tali yang digunakan pun akan berbeda. Untuk sekarang ini, bahan tali yang paling banyak digunakan adalah bahan polyester tissue. Selain karena sifatnya yang halus dan tahan lama, bahan ini juga sangat memungkinkan untuk dicetak dengan desain full colour.

Berbeda dengan bahan lain layaknya polyester nylon dan sarung. Pada bahan ini hanya bisa dicetak dengan menggunakan proses pencetakan sablon. Maka untuk desain yang dihasilkan tidak bisa full colour sesuai dengan keinginan alias desainnya terbatas.
Namun pada intinya setiap bahan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pada bahan tissue, harga tentu lebih mahal dibandingkan polyester dan pada bahan polyester tali akan cepat rusak dibanding bahan tissue.
Tapi jika fungsi tali lanyard digunakan untuk tali gelang event, gantungan hp, gantungan botol, gantungan flash disk dan lain sebaginya tentu bahan tissue akan lebih baik dibanding bahan polyester nylon karena punya permukaan halus yang nyaman bagi pengguna.
Namun untuk pemilihan bahan tali ini juga tergantung pada durasi penggunaan tali tersebut. Jika nantinya itu hanya digunakan untuk jangka waktu pendek atau pada acara-acara tertentu saja maka pemilihan bahan tali dengan kualitas standard bisa menjadi pilihan. Tapi jika itu akan digunakan untuk jangka waktu lama dan sebagai pendukung media promosi pasti akan lebih baik jika menggunakan bahan tissue.

Itulah sedikit informasi mengenai fungsi lengkap dari tali lanyard. Jika anda memiliki pendapat lain dari fungsi - fungsi tali lanyard tersebut, anda bisa melengkapinya dengan menulisnya di kolom komentar dibawah.