Jenis Bahan, Cetakan, Dan Harga Jual Tali Lanyard Satuan


Istilah tali lanyard masih terdengar asing di telinga kita, namun ternyata kegunaannya sangat melekat dan dekat dengan kehidupan kita. Anda pernah melihat karyawan atau Anda sebagai karyawan suatu perusahaan menggantungkan kartu identitas diri di leher? Nah tali yang dibuat untuk menggantungkan identitas itulah yang disebut tali lanyard.  Namun selain untuk mengantungkan identitas diri, tali lanyard juga memiliki fungsi lain seperti gantungan kunci, dan benda-benda lainnya.

Jenis-jenis Bahan di Tempat Jual Tali Lanyard Satuan

1. Nylon lanyard

Bahan ini termasuk bahan terbaik dan tahan lama untuk tali lanyard, lembut dan dapat memancarkan cahaya di ruang gelap. Lanyard jenis ini biasanya digunakan untuk menggantungkan kartu identitas, kartu keamanan, kartu tanda panitian di sebuah seminar, dan jenis-jenis kartu serupa. Kelebihan dari lanyard jenis ini adalah bisa dikostum sendiri desainnya.

2. Tubular lanyard

Jenis ini terbuat dari bahan polyester. Tabung polyester dijahit sehingga menyerupai tali sepatu, bentuk tubular ini memberi kenyamanan pada pengguna. Kelebihan lanyard ini pun dapat dikostum sendiri desainnya.

3. Polyester lanyard

Berbeda dengan tubular lanyard yang masih dicampur bahan lain, polyester lanyard terbuat dari 100% polyester. Kualitas lanyard ini termasuk kualitas yang sangat bagus, di mana cetakan gambar dapat terlihat sangat jelas.

4. Woven style lanyard

Lanyard ini juga terbuat dari bahan polyester, selain itu cetakan gambar pada jenis ini akan dianyam langsung ke kainnya. Sehingga tidak mudah luntur karena menyatu bersama kain.

Model cetakan gambar

1. Digital printing

Digital printing umunya adalah model cetakan gambar yang diprint, bukan dari hasil tenunan kain. Biasanya model ini lebih murah namun kekurangannya gambat tidak awet dan cepat luntur.

2. Sablon

Model cetakan ini adalah cetakan yang menyatu hingga ke dalam serat kain sehingga sangat awet dan gambar tidak akan luntur.

Harga satuan tali lanyard

Permintaan yang banyak akan tali lanyard membuat produsen lanyard semakin banyak. Anda dapat menemukan penjual tali lanyard di berbagai daerah atau juga di online shop. Tali lanyard dijual secara komunal (banyak) atau satuan. Harga jual satuan tali lanyard sangat bervariasi. Harga jual tali lanyard ditentukan oleh:
  1. Penjual jasa tali lanyard. Banyak produsen tali lanyard yang menawarkan bahan yang sama tapi dengan harga yang berbeda dengan produsen lain, hal ini biasanya dipertimbangkan dengan meninjau daerah yang dijadikan pasar.
  2. Kualitas bahan. Semakin baik bahan yang digunakan untuk membuat tali lanyard, semakin mahal pula harga yang ditawarkan.
  3. Kostum klien. Desain yang diminta klien biasanya rumit, tulisan yang full kain, logo yang berwarna-warni, dan gambar lainnya dapat menentukan harga jual tali lanyard.
  4. Cetakan gambar (digital printing atau sablon). Umunya cetakan sablon lebih mahal karena lebih tahan lama.
  5. Banyaknya variasi warna. Biasaya wara dasar kain lanyard dikostum tidak hanya satu jenis warna, selain itu gambar yang diminta juga memiliki banyak variasi warna, hal itu akan menentukan harga bahan lanyard yang nantinya akan diproses.
  6. Panjang kain dan lebar kain.
  7. Jenis kain.
Harga jual lanyard satuan bisanya lebih mahal dibandingkan harga untuk pembelian banyak. Jika Anda membeli di atas 100 pcs, Anda bisa mendapatnya di kisaran harga Rp.10.000/pcs, tapi jika Anda membeli tali lanyard satuan, Anda bisa mendapat harga 20.000 - 27.000 / pcs tergantung kualitas yang Anda pesan. Memang terkesan tidak adil, tetapi mekanisme pasar memang dibangun seperti itu.