Mengenal Karakteristik Tali polyester

Dalam dunia lanyard, tali polyester digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan tali ID card. Berasal dari bahan polyester, membuat tali ini lebih kuat, tidak mudah luntur dan penggunaannya sangat awet untuk jangka panjang. Dengan tali ini, anda dapat mendesainnya menggunkan teknik sablon. Dengan desain yang full colour dan gradasi yang kuat membuat tali polyester ini menjadi pilihan utama dalam pembuatan tali pada ID card. Kenapa demikian? Untuk lebih jelasnya mari kita mengenal lebih jauh dengan tali yang satu ini.

Kenapa harus tali polyester?

Kebutuhan akan tali lanyard / ID card di era sekarang, membuat para pelaku bisnis percetakan mulai memperluas usahanya di bidang sablon tali. Biasanya tali ini digunakan sebagai media promosi untuk perusahaan pada suatu acara tertentu, namun akhir – akhir ini menjadi kebutuhan yang sangat lumayan diminati. Pasalnya, mereka juga menggunakannya sebagai tempat untuk menaruh ID card pada tanda pengenal mereka. Ada juga yang menggunakannya untuk menjadi gantungan ponsel yang dikalungkan pada leher. Bahan yang digunakan untuk pembuatan tali ini bermacam macam ada nylon, bahan tissue, dan polyester. Untuk kesempatan kali ini kita bahas bahan yang terbuat dari polyester.

 Asal muasal polyester adalah dari kain yang dibuat dari plastik dan campuran bahan lainya dengan kata lain ini produk sintetis. Biasanya digunakan untuk pembuatan sofa, selimut, sprei dan tali. Meskipun kain sintetis dan dapat dibuat dari bahan kimia kain ini tetap terlihat mirip seperti kain alami. Berdasarkan penelusuran yang telah admin Wacana Lanyard lakukan, ternyata kain berbahan polyester dapat diciptakan menggunakan benang sintetis contohnya benang filamen. Sebagai bahan sintetis, polyester memiliki kelebihan dan kekurangan diantaranya.

  1. Kelebihan dari tali berbahan polyester

  • Awet dan tahan lama
Telah disebutkan diatas, bahwa bahan ini memilki daya tahan tinggi sehingga mampu digunakan dalam jangka panjang. Ditambah, bahan ini tahan terhadap bakteri yang dapat merusak  kerena kandungan bahan kimia yang dimilikinya.
  • Tidak mudah berkerut
Bahan polyester tidak akan berkerut meskipun telah di tekuk berkali kali, dan tidak akan mudah kusut. Sehingga membuat tampilan dari bahan ini tetap rapi, sangat berbeda dengan bahan lainya yang harus disetrika dulu untuk merapihkannya.
  • Tampilan yang mengkilap
Desain yang bagus akan semakin menambah kesan mewah pada bahan tali polyester, tapi sebetulnya bahan polyester memang sudah memilki tampilan yang mengkilap apa lagi jika terkena cahaya matahari. Dengan ciri khas terdapat garis garis tipis yang hanya memilki jarak beberapa mili, ini akan menambah kesan yang  unik.

  1. Kekurangan tali berbahan polyester.

  • Hanya mendukung teknik sablon
Sayangnya bahan ini hanya mampu digunakan untuk mencetak desain dengan teknik sablon, padahal di jaman ini lebih marak menggunakan teknik digital printing. Sehingga memungkinkan pembuatannya tidak sesimple dengan bantuan teknologi sekarang.
  • Mudah terbakar.
Karena dibuat dengan bahan plastik, membuat bahan ini justru mudah terbakar. Semua yang berbahan plastik pasti memilki ketahanan panas di suhu tertentu, namun untuk bahan polyester tetap kuat jika anda menggunakannya dibawah sinar matahari. Jadi sebaiknya anda tidak menaruh bahan polyester dekat dengan api atau dengan benda yang memilki panas suhu tinggi. Biasanya dalam rumah tangga bahan ini akan dicampur dengan bahan lain seperti katun. Supaya bahan lebih aman digunakan.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangan bahan polyester, hal ini dapat membantu anda untuk bisa menentukan sendiri jenis bahan yang cocok. Mudah mudahan dapat menambah wawasan anda.